10:55 pm - Thursday April 17, 2014

Bandara Karawang, Harus Dilengkapi Kanal Banjir

31 Viewed adi.suryadi 0 respond
Ilustrasi
Ilustrasi

KARAWANGID.COM,- Rencana pembangunan bandara internasional di Karawang harus dilengkapi dengan saluran kanal banjir, sebagai upaya antisipasi terjadinya banjir karena Karawang merupakan daerah yang rawan banjir.

“Perencanaan pembangunan bandara di Karawang harus matang, jadi dalam perencanaannya perlu dibangun saluran kanal banjir dan memperhatikan nasib 6.087 petani penggarap kawasan Hhutan Kutatandingan, apalagi bandara itu akan dibangun di lahan hutan,” kata Ketua LSM Lodaya Karawang Nace Permana, di Karawang, Rabu.

Dikatakannya, pembangunan bandara internasional di Karawang sebagai upaya perluasan Bandara Soekarno-Hatta yang dalam beberapa tahun ke depan mengalami kelebihan kapasitas akan berdampak terhadap kondisi lingkungan dan sosial masyarakat Karawang.

Terkait dengan dampak pembangunan bandara itu terhadap lingkungan, dikhawatirkan bencana alam banjir akan semakin sering terjadi di wilayah Karawang.

Sebab, kata dia, bandara itu direncanakan dibangun di sekitar kawasan Hutan Kutatandingan seluas sekitar 4.000 hektare di empat kecamatan, yang tentunya akan mempengaruhi resapan air.

Ia menilai, kanal banjir itu harus dibangun sesuai dengan kebutuhan dan lokasi yang bisa mengalirkan limpasan air, sehingga pada akhirnya bisa menghindari pemukiman warga dari bencana banjir.

LSM Lodaya Karawang yang merupakan organisasi pendamping Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) juga meminta pihak terkait yang membangun bandara bisa merelokasi petani penggarap hutan yang selama ini tinggal di kawasan Hutan Kutatandingan.

“Kami menginginkan agar pihak yang membangun bandara nantinya bisa merelokasi para petani penggarap hutan di kawasan Hutan Kutatandingan, sehingga mereka tidak terlalu tersingkir terhadap pembangunan bandara,” katanya.(antara/yri) (142)


Don't miss the stories followKARAWANG ID and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
foto inilah.com

Karawang Tingkatkan Pemonitoran Bendungan Walahar

dok. Antara

Pabrik WIKA Beton Mulai Produksi Semester II-2013

Related posts
Your comment?
Leave a Reply


7 − seven =