5:41 pm - Tuesday July 29, 2014

Pabrik ADM Surya Cipta Karawang sudah mulai beroperasi

321 Viewed adi.suryadi 0 respond
single-thumb.jpg
Kanyus | KARAWANG,- Pabrik PT Astra daihatsu Motor, yang terletak di kawasan industri surya cipta Karawang, mulai awal Maret 2012 sudadah mulai beropersai, hal ini tampak dari beberapa karyawan yang sudah memasuki area pabrik. Informasi yang kami dapat, yang beroperasi lebih dahulu adalah bagian painting, sedangkan untuk bagian assembly dan lainnya akan segera menyusul. Rencananya, seluruh kegiatan produksi akan mulai beroperasi mulai pertengahan tahun 2012. Pabrik yang berdiri diatas lahan 80 hektar ini, rencananya untuk penambahan kapasitas, bukan pemindahan pabrik plant sunter seperti yang sebelumnya terdengar.  Mulai dari R & D sampai complete assembly akan dilakukan di pabrik ini, bahkan akan ada sirkuit untuk test mobil.
Menurut kutipan  Sudirman MR, sebagai Presiden Direktur ADM mengatakan, perluasan pabrik baru Astra Daihatsu Motor secara langsung akan meningkatkan produksi ADM dari yang semula 330.000 unit per tahun menjadi 430.000 unit per tahun. Dengan kata lain, kapasitas produksi pabrik baru ini setidaknya diharapkan mampu memproduksi 100.000 unit mobil Daihatsu per tahun. “Kapasitas produksi bukan tidak mungkin akan terus kami tingkatkan seiring keadaan pasar kedepannya nanti,” jelasnya.

Selamat 5 tahun terakhir, produksi Astra Daihatsu Motor meningkat sebesar 315%. Produksi total tahun 2006 hanya 95.496 unit naik menjadi 300.373 unit di tahun 2010. Lantaran pabrik ADM yang saat ini berada di kawasan Sunter, Jakarta sudah tidak memungkinkan dilakukan ekspansi, maka manajemen memutuskan untuk membangun pabrik baru tersebut dikawasan Karawang Jawa Barat.Menurutnya, nilai investasi untuk membangun pabrik di Karawang ini adalah sebesar Rp 2,1 triliun. Pabrik Mobil Daihatsu ini akan mampu menyerap 1.400 tenaga kerja yang mencakup proses stamping, welding, painting dan assembly. Pabrik baru Daihatsu ini diharapkan akan dapat memenuhi permintaan pasar dalam negri dan ekspor, baik merek Daihatsu maupun Toyota.

Total penjualan ADM pada tahun 2010 kemarin sebanyak 115.700 unit atau meningkat 35% dari 2009 sebesar 75.100 unit. Untuk 2011, ADM menargetkan penjualan bisa merangkak naik ke level 125.000 unit.

Dari 115.700 unit yang berhasil terjual, 50% -nya berasal dari penjualan merk Xenia, Grand Max 27%, Terrios 16%, Sherion dan Luxio 7%. Penyerapan penjualan terbesar masih berada di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Sementara untuk ekspor, tahun 2010 ADM mampu mengekspor 10.497 unit merek Toyota. Maklum saja, ADM juga melakukan produksi beberapa mobil merek Toyota. Negara tujuan ekspor antara lain Jepang, Venezuela, Arab Saudi dan Timur Tengah.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM, menuturkan, pencapaian gemilang ADM dalam lima tahun terakhir menempatkan ADM sebagai ATPM terbesar kedua di Indonesia berdasarkan angka penjualan. “Isu pembatasan BBM dan tahun mobil tidak berpengaruh langsung terhadap penjualan kami. Hanya saja pengenaan pajak yang cukup tinggi di Jawa Timur sedikit memukul kami,”  Amelia mengungkapkan.

Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Kementerian Perindustrian, menyambut baik rencana ekspansi ADM untuk membangun pabrik baru di Jawa Barat. Menurutnya, pembangunan pabrik tersebut akan berpengaruh dalam menggerakan sektor-sektor bisnis lain seperti komponen meliputi mesin dan rangka serta subkomponen seperti kabel. Ini artinya, ada stimulus yang mampu menggerakan perekonomian khususnya dari industri otomotif. “Investasi industri otomotif di Indonesia dalam 2 tahun terakhir selalu bergerak positif sesuai ekpansi setiap ATPM. Saya lupa data pastinya,” tutur Budi.

Selain itu, kata Budi, rencana ADM merupakan implementasi perluasan dan percobaan untuk kolidor Jawa pada indutri otomotif di tahun ini. Karena seperti kita ketahui, industri otomotif selama ini berpusat di Jakarta dan Cikampek. (Nur W\kid)

(1781)


Don't miss the stories followKARAWANG ID and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
prev-next.jpg

Badai Matahari Akan Mengganggu Navigasi Pesawat

prev-next.jpg

Rencana Bandara Karawang

Related posts
Your comment?
Leave a Reply


− 5 = four