2:13 am - Sabtu Desember 10, 2016

Penduduk Karawang Naik 10% per Tahun

332 Viewed
Penduduk Karawang Naik 10% per Tahun
illustrasi

illustrasi

KARAWANGID.COM,- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang mendata, laju pertumbuhan penduduk di Karawang meningkat sekitar 10% setiap tahunnya. Peningkatannya disebabkan angka kelahiran yang tinggi, serta banyaknya pendatang masuk ke Karawang.

“Berdasarkan data agregat kependudukan, jumlah penduduk Karawang pada 2012 mencapai 2,5 juta jiwa,” ujar Kasi Pendaftaran dan Mutasi Penduduk, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang, Rudi Purbaya.

Rudi menjelaskan, berdasarkan data tersebut, penduduk Karawang yang telah terdaftar didominasi laki-laki sekitar 1,3 juta jiwa. Sedangkan, perempuan mencapai 1,2 juta jiwa. Menurutnya, semakin banyak jumlah penduduk maka beban yang ditanggung pemerintah bertambah besar. Pasalnya, pemerintah perlu menyediakan segala sesuatunya.

Diakui dia, data tersebut sepertinya akan terus bertambah. Pasalnya, Karawang merupakan daerah industri. Jadi, akan banyak pendatang yang menetap di wilayah ini. Untuk itu, perlu formula khusus untuk menekan laju pertumbuhan penduduk ini.

Adapun wilayah yang pertambahan penduduknya melonjak tajam, seperti Kecamatan Karawang Barat, Klari, dan Teluk Jambe Timur. Kecamatan tersebut, sangat diminati para pendatang. Mengingat, ketiga wilayah itu merupakan jantunya Kabupaten Karawang dan banyak industri.

Sumber : inilah.com

(362)


Related posts