3:57 pm - Friday April 25, 2014

Petani Karawang Keluhkan Harga Gabah Turun

35 Viewed adi.suryadi 0 respond
Karawang Kota Padi, Itukan dulu...
Karawang Kota Padi, Itukan dulu...

KARAWANGID.COM,- Sejumlah petani di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengeluhkan harga gabah kering panen yang terus menurun dan kini hanya berkisar Rp3.500-3.100 per kilogram.

“Kemungkinan karena kualitasnya rendah, jadi harganya anjlok,” kata seorang petani di Desa Majalaya, Kecamatan Majalaya, Yadi, di Karawang, Senin 25/03.

Dikatakannya, penurunan harga gabah kering panen di daerahnya sudah terjadi sejak sekitar sebulan lalu saat panen raya. Saat itu harganya mencapai Rp4.500 per kilogram.

Kemudian menurun hingga menjadi Rp4.100 per kilogram, dan kini terus menurun hingga mencapai Rp3.500 untuk gabah kualitas bagus dan seharga RP3.100 per kilogram untuk gabah kering panen yang kualitas rendah.

Ia menduga penurunan harga gabah secara drastis itu karena produksi padi yang kurang bagus. Sebab areal persawahan di daerahnya tergenang air saat musim tanam.

“Tanaman padi tidak tumbuh secara baik akibat sempat tergenang air saat musim tanam lalu, yang kebetulan saat itu musim hujan,” katanya.

Ia mengeluhkan menurunnya harga gabah kering panen tersebut, karena menyulitkan para petani yang mengandalkan hasil penjualan itu untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Sementara itu Rahmad, seorang pengepul gabah di wilayah Karawang, menilai menurunnya harga gabah sejak sebulan terakhir merupakan hukum pasar.

Pada awal panen lalu, kata dia, produksi gabah masih sedikit. Seterusnya, produksi gabah mulai meningkat sampai akhirnya terjadi penurunan harga.

Sumber : antarabogor.com (201)


Don't miss the stories followKARAWANG ID and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Bill Gates Cari Teknologi Baru untuk Kondom

Bill Gates Cari Teknologi Baru untuk Kondom

Hukum Sudah Jomplang,Giliran Anak Pejabat Cuma Divonis 5 Bulan Penjara

Hukum Sudah Jomplang,Giliran Anak Pejabat Cuma Divonis 5 Bulan Penjara

Related posts
Your comment?
Leave a Reply


five − = 2