3:02 pm - Wednesday July 23, 2014

Sebanyak 30 Kecamatan Karawang Masuk Wilayah Pertambangan

91 Viewed adi.suryadi 0 respond
single-thumb.jpg

 

Kanyus | KARAWANG,- Sebanyak 30 kecamatan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, masuk kategori wilayah pertambangan sesuai  ketentuan rencana tata ruang wilayah yang baru revisi, menyusul tingginya potensi kandungan minyak dan gas di daerah tersebut.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang Agus Sundawiana Senin, mengatakan, sebanyak 30 kecamatan di daerah itu baru ditetapkan sebagai wilayah pertambangan melalui revisi rencana tata ruang wilayah Karawang pada akhir 2011.
Hal itu didasarkan pada survei seismik Pertamina periode 2005 hingga 2011 yang menyebutkan, sekitar 5.000 titik yang tersebar di 30 kecamatan sekitar Karawang positif mengandung minyak dan gas.

“Dari survei seismik periode 2005, ditemukan sekitar 2.000 titik di Karawang yang positif mengandung minyak dan gas. Selanjutnya pada periode 2011 ditemukan sekitar 3.000 titik yang positif mengandung minyak dan gas. Jadi, ada sekitar 5.000 titik yang mengandung minyak dan gas,” kata Agus.

Dikatakannya, potensi minyak dan gas yang ada di Karawang itu diketahui setelah pihak pemerintah daerah setempat mendesak agar Pertamina memberi informasi hasil survei seismik yang telah dilakukan di sejumlah titik sekitar Karawang.

Setelah pihaknya mendesak pihak Pertamina, kata dia, akhirnya disampaikan sekitar 5.000 titik wilayah Karawang, baik wilayah perdesaan maupun wilayah perkotaan, positif mengandung minyak dan gas.

“Dari survei itu akhirnya bisa diketahui ternyata kekayaan alam wilayah Karawang dari pesisir utara sampai selatan mengandung minyak dan gas,” katanya.

Ia berharap tingginya potensi minyak dan gas tersebut menjadi Karawang memiliki daya tawar tinggi, dan diharapkan potensi minyak dan gas di Karawang nantinya menjadi sumbangan berharga bagi peningkatan pendapatan asli daerah.

Sumber : ANTARA (M Ali) (259)


Don't miss the stories followKARAWANG ID and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
prev-next.jpg

Enam Kecamatan di Karawang Rawan “Curanmor”

prev-next.jpg

BBM Air Seni

Related posts
Your comment?
Leave a Reply


four + = 6