2:09 pm - Saturday August 30, 7969

Akibat Banjir, Sektor Perikanan di Karawang Rugi Puluhan Miliar

67 Viewed fasterf0x 0 respond
Sawah kebanjiran foto oleh RK
Sawah kebanjiran foto oleh RK

WWW.KARAWANGID.COM | KARAWANG. Kerugian akibat banjir terhadap sektor perikanan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah karena ribuan hektare tambak di sembilan kecamatan terendam.

“Secara pasti, nilai kerugian akibat banjir dari sektor perikanan belum dihitung. Tetapi diperkirakan mencapai puluhan miliar. Itu dilihat dari banyaknya saluran dan tambak yang rusak, ditambah lagi dengan kerugian produksi ikan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karawang Yayat Supriatna, Rabu.

Dikatakannya, sesuai dengan pendataan dan laporan yang diterima, luas tambak yang terendam banjir beberapa waktu lalu telah merendam 8.727 hektare tambak. Ribuan hektare tambak itu tersebar di sembilan kecamatan yang merupakan wilayah pesisir utara Karawang.

Luas tambak yang terendam banjir akibat tingginya curah hujan di masing-masing kecamatan tersebut berbeda-beda, antara puluhan hingga ribuan hektare.

Tambak paling luas yang terendam banjir terjadi di Kecamatan Tirtajaya hingga mencapai 3.500 hektare dan di Kecamatan Cibuaya tercatat 3.160 hektare tambak yang terendam.

Di Kecamatan Cilamaya Wetan, luas tambak yang terendam banjir sekitar 900 hektare, dan seluas 600 hektare tambak di Kecamatan Batujaya yang terendam banjir.

Untuk luas tambak paling sedikit terendam banjir ialah di Kecamatan Cilebar hanya 10 hektare dan di Kecamatan Pedes, seluas 50 hektare yang terendam banjir.

“Semua tambak yang terendam itu, kondisi ikannya sudah siap panen. Jadi para petambak di Karawang sangat merugi dengan kerugian banjir itu,” kata Yayat.

Sementara itu, banjir yang telah merendam 23 kecamatan sekitar Karawang beberapa waktu lalu tidak hanya merendam ribuan hektare tambak. Ribuan hektare areal persawahan dan rumah serta puluhan sarana pendidikan juga terendam banjir.

Secara umum, total kerugian akibat banjir hingga kini masih dihitung pemerintah daerah setempat melalui Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana Karawang.

Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Karawang, Banuara Nadeak, mengaku sampai saat ini belum bisa dipastikan total kerugian akiba(ant/rd) (192)


Don't miss the stories followKARAWANG ID and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Ada Indikasi Distribusi Gas Bersubsidi di Karawang di Kenadikan Mafia

Ada Indikasi Distribusi Gas Bersubsidi di Karawang di Kenadikan Mafia

Gambar oleh kompas

Pejabat Karawang Tidak Takut KPK, tapi Lebih Takut PKK

Related posts
Your comment?
Leave a Reply


2 + = six