5:47 am - Sunday October 26, 2014

Nama Kapolres Karawang Dicatut untuk Penipuan

80 Viewed adi.suryadi 0 respond
Nama Kapolres Karawang Dicatut untuk Penipuan

KARAWANGID.COM,- Nama Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Karawang, Ajun Komisaris Besar Tubagus Ade Hidayat, dicatut untuk mengutip uang dari Ketua dan anggota DPRD setempat, Selasa (18/6/2013). Padahal Tubagus Ade Hidayat baru dilantik sebagai Kapolres Karawang satu pekan silam.

Dalam aksinya, pencatut tersebut menelefon Ketua DPRD, H. Tono Bachtiar, kemudian menyatakan ingin meminjam uang Rp 50 juta. Alasannya, dia butuh dana operasional terkait tugasnya sebagai Kapolres.

Modus operandi serupa dilakukan pencatut kepada Ketua Komisi A DPRD, H. Warman, Ketua Komisi B Yus Taufik, dan Ketua Komisi C Deden Irwan Risyadi. Awalnya, para wakil rakyat tersebut nyaris mengabulkan permintaan pencatut. Mereka berkoordinasi dengan Sekretaris Dewan (Sekwan) H. Suroto untuk menyiapkan dana yang diminta.

Akan tetapi, Suroto merasa curiga jika yang menelefon para wakil rakyat itu Kapolres yang sesuguhnya. “Orang yang mengaku Kapolres itu menggunakan nomor kontak 081219016515. Setelah saya telefon balik, logat bicaranya orang itu tidak menunjukan daerah asal Kapolres,” ujar Suroto.

Akhirnya, lanjut Suroto, dia memberanikan diri membentak orang tersebut dan mengatakan sebagai penipu.”Teleponya langsung ditutup. Setelah dihubungi lagi sudah tidak aktif,” kata Suroto.

Sementara itu Kapolres Karawang Ajun Komisaris Besar Tubagus Ade Hidayat melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal, Ajun Komisaris Iman Imanudin mengatakan, pihak Kepolisian tidak mungkin meminta bantuan dana operasional dari Pejabat apalagi dari masyarakat. “Modus seperti itu kerap terjadi setiap ada pergantian pucuk pimpinan Kepolisian. Sasarannya bukan hanya pejabat tetapi juga masyarakat,” ujar Iman.

Dikatakan, pihaknya mengimbau agar pejabat dan masyarakat tidak terjebak oleh modus penipuan seperti itu. Bahkan, bila perlu masyarakat dapat menjebak orang tersebut agar bisa diproses sesuai hukum yang berlaku.

“Kami mengimbau agar masyarakat hati-hati dengan berbagai modus yang di lakukan pelaku penipuan. Kami tidak pernah meminta seseorang untuk mengirim uang dengan dalih apapun,” tutur Iman.

Disebutkan pula, pihaknya akan melacak keberadaan orang tersebut melalui nomor telefon selular yang digunakannya. “Pelaku biasanya bukan orang Karawang. Saya pernah melacak nomor telefon pencatut, ternyata dia ada di Makasar. Dalam kasus lain ada yang berasal dari Jasinga, Bogor,” papar Iman.

Sumber : Pikiran-rakyat.com (184)


Don't miss the stories followKARAWANG ID and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Ilustrasi

Kalah Pilkades, Warga Protes Majelis Hakim PN Karawang

Penanaman Pohon Trembesi di Karawang (GATRAnews/Edward Luhukay)

Penanaman Trembesi Merak-Banyuwangi Tiba di Karawang

Related posts
Your comment?
Leave a Reply


9 − = four