3:29 pm - Monday December 22, 2014

Pembuatan Akta Kelahiran Gratis

189 Viewed adi.suryadi 0 respond
Hasna Awaliyah Qotrunnada
Hasna Awaliyah Qotrunnada

KARAWANGID.COM,- Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menyebarkan surat edaran ke tingkat desa se-Karawang melalui pemerintah desa terkait dengan pembuatan akta kelahiran gratis.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karawang Eka Sanatha berharap program pembuatan akta kelahiran gratis di daerahnya mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya memiliki dokumen pribadi berupa akta kelahiran.

Di antara pentingnya memiliki akta kelahiran bagi warga negara Indonesia ialah untuk memastikan hak waris bagi keluarganya atau status anak-anaknya.

“Kita sudah mengirimkan surat edaran ke desa-desa sekitar Karawang kalau pembuatan akta kelahiran itu gratis,” kata seperti dilansir dari Antara, Kamis (6/6).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Karawang, hingga kini angka kelahiran bayi yang belum dilaporkan untuk mendapatkan akta kelahiran di Karawang mencapai sekitar 32 persen. Sedangkan total keseluruhan warga yang tidak memiliki akta kelahiran mencapai 56 persen.

Sementara itu, sejak awal Juni 2013 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karawang telah menerima permohonan akta kelahiran bagi masyarakat yang lahir di atas 1 tahun atau lebih, tanpa perlu lagi melampirkan putusan pengadilan, sebagaimana syarat yang diberlakukan sebelumnya.

Pembuatan akta kelahiran tanpa harus melampirkan putusan pengadilan bagi masyarakat yang lahir di atas 1 tahun atau lebih itu setelah muncul putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 18/PUU-XI/2013 yang mencabut pasal 32 ayat (2) Undang Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Ia mengimbau agar masyarakat yang memohon pembuatan akta kelahiran bisa langsung datang ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karawang. Sebab jika melalui orang lain, dikhawatirkan bisa terkena biaya jasa.

“Setiap pemohon akta kelahiran wajib membawa KTP, kartu keluarga dan surat nikah asli orang tuanya untuk diperlihatkan ke petugas pencatatan kelahirannya. Selain itu juga melampirkan surat keterangan lahir dari kepala desa atau lurah dan camat,” katanya.

Sumber : merdeka.com (391)


Don't miss the stories followKARAWANG ID and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Ilustrasi - Antara

Sengketa Lahan di Telukjambe Masih Berlanjut

BNN

20 Rumah Sakit dan Klinik Bantu Rehabilitasi Pecandu Narkoba

Related posts
Your comment?
Leave a Reply


eight − = 5