2:31 am - Thursday July 24, 2014

Pucung Gabus, Makanan Khas Betawi

60 Viewed adi.suryadi 0 respond
single-thumb.jpg
KARAWANGID.COM,- Apakah anda sudah tahu akan berbuka dengan menu apa sore nanti??. Kalau belum tahu akan berbuka dengan menu apa, Zuwina Zabir akan mengajak kita ke Jagakarsa, untuk melihat menu khas Betawi yang biasanya hanya dimasak saat bulan puasa saja, atau saat lebaran. Kira kira makanan apa ya??.Di kalangan masyarakat Betawi dulunya pucung gabus kerap dihidangkan dalam tradisi nyorog, yaitu untuk mengikat silaturahmi antar warga Betawi jelang Ramadhan atau lebaran. Tapi kalau sekarang tradisi tersebut sudah mulai pudar, dan menikmati pucung gabus bisa kapan saja. Seperti sekarang nih, aye ama Bang Wawan mau bikin pucung gabus buat buka puasa nanti, hehehe.

Ini dia bumbunya. Bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, lengkuas, jahe, daun bawang, santan, daun salam, seledri, dan yang ngga ketinggalan pucung nya atau biasa disebut kluwek. Tips untuk memilih pucung, pilih yang tua agar rasanya tidak pahit.

Bumbu yang telah dihaluskan, kemudian di tumis hingga harum. Masukan lengkuas, sereh, daun salam, dan santan serta air secukupnya. Terakhir baru deh masukin ikan gabusnya. Tunggu matang kira-kira lima belas menit. Warna hitam pekat ini dihasilkan dari campuran pucungnya.

Sekilas, pucung gabus mirip rawon, makanan khas Jawa Timur. Bedanya, kalau rawon menggunakan daging, pucung gabus menggunakan ikan gabus. Selain itu ikan gabus juga kaya manfaat bagi kesehatan, karena mengandung albumen tinggi yang dapat meningkatkan stamina serta merangsang pembentukan jaringan sel baru dalam tubuh.

Naah bagi anda yang belum tahu mau berbuka puasa dengan menu apa??. Anda bisa datang ke rumah makan khas Betawi milik Bang Wawan di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Bagaimana?? Anda ingin mencobanya??. (Zuwina Zabir/Surnata/Sup)

Via: Pucung Gabus, Makanan Khas Betawi – Indosiar (153)


News Feed
Don't miss the stories followKARAWANG ID and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Sayur babanci

Cerita Lucu di Balik Nama-nama Unik Kuliner Khas Betawi

Thumbnail for 13000

Sikap Tepat Sukses Kembangkan Bisnis Kuliner

Related posts
Your comment?
Leave a Reply


+ seven = 14