3:24 pm - Thursday July 24, 2014

Situs Candi Batujaya, Peninggalan Besar Kerajaan Tarumanegara di Karawang

169 Viewed adi.suryadi 0 respond
Candi Jiwa
Candi Jiwa

KARAWANGID.COM,- “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya.”

Mungkin itu sebuah kutipan sederhana untuk memulai mengenal bangsa besar yang kaya akan sejarah ini. Kali ini penulis akan memulai dari sebuah daerah di sebelah timur Jakarta, Karawang. Siapa yang tidak mengenal Karawang yang terkenal dengan lumbung padi di Jawa Barat – walau sekarang produksi padi di Karawang semakin menurun karena pengalihan fungsi lahan menjadi perumahan dan perindustrian. Namun penulis tidak akan melanjutkan panjang lebar tentang masalah ini.

Candi Jiwa

Candi Jiwa

Candi Jiwa

Candi Jiwa

Di daerah Karawang, tepatnya di Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya, terdapat peninggalan sejarah bangsa ini yang menarik untuk kita pelajari, Situs Candi Batujaya. Lokasi percandian ini jika ditempuh menggunakan kendaraan sendiri dan datang dari Jakarta, dapat dicapai dengan mengambil jalan tol Cikampek. Keluar di gerbang tol Karawang Barat dan mengambil jurusan Rengasdengklok. Selanjutnya mengambil jalan ke arah Batujaya di suatu persimpangan. Di daerah ini setidaknya terdapat 11 situs yang telah diteliti dan sampai saat ini masih banyak pertanyaan yang belum terungkap secara pasti mengenai kronologi, sifat keagamaan, bentuk, dan pola percandiannya. Namun setidaknya terdapat dua buah candi yang telah dipugar dan sedang dipugar, yaitu Candi Jiwa dan Candi Blandongan.

Melalui metode isotop Carbon-14, candi Budha ini dibangun pertama kali antara abad ke-6 dan ke-7 dan dilanjutkan abad ke-9 dan ke-10 yang berarti dibangun di bawah kekuasaan Kerajaan Tarumanegara.. Berbeda dengan candi pada umumnya yang terbuat dari batu, kedua candi tersebut terbuat dari lempengan batu bata merah. Keberadaan candi di dekat Sungai Citarum ini memberikan bukti Indonesia dilahirkan lewat rahim orang-orang berbekal teknologi tinggi.

Jalan Setapak Menuju Situs Percandian

Jalan Setapak Menuju Situs Percandian

Namun sayang, kondisi situs kedua candi tersebut tidak mendapatkan perhatian lebih lanjut untuk terus dipugar hingga selesai. Kurangnya dana untuk melakukan pemugaran, seringkali menjadi batu sandungan bagi pemerintah untuk lebih memperhatikan peninggalan bangsa ini. Bukan hal yang tidak mungkin Candi ini akan menjadi terkenal di mancanegara seperti Candi Borobudur dan dapat meningkatkan sektor pariwisata negara ini. Selain itu situs ini juga sangat penting untuk bisa menggali kembali sejarah Indonesia yang besar ini.

Candi Blandongan

Candi Blandongan

Sumber : kompasiana.com (538)


Don't miss the stories followKARAWANG ID and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Illustrasi (antarafoto.com)

Alih Fungsi Lahan di Jawa Barat 200 Ribu Haktare

ilustrasi (koran-jakarta.com)

6.468 Calon TKI dari Jawa Barat Dites Bahas Korea di Sumedang

Related posts
Your comment?
Leave a Reply


nine − = 5